Yuk, Kenali Jenis Jenis Cermin yang Sering Digunakan

Jenis Cermin

Kalau kita ingin melihat wajah sendiri, satu-satunya cara adalah dengan bercermin.  Di mana untuk bercermin ini bisa dilakukan dengan menggunakan barang yang bisa merefleksikan diri kita, seperti kaca, kamera ponsel dan yang pasti tentu menggunakan cermin.

Cermin sering kali disamakan dengan kaca, padahal pada kenyataannya sangatlah berbeda. Kaca sendiri memiliki sifat tembus pandang, sehingga ketika melihat kaca kita masih bisa melihat bagian yang ada disisi lain. Sedangkan kaca untuk bercermin sama-sama terbuat dari bahan yang sama, hanya saja tidak bisa melihat sisi lain dari kaca tersebut. Di mana yang tampak adalah pantulan dari diri kita sendiri.

Banyak sekali orang yang tentu saja ingin bercermin untuk mendapatkan refleksi diri sendiri dengan sempurna. Maka kita bisa melihat tampilan bayangan secara utuh dari pakaian yang digunakan, menyisir rambut, merias wajah dan lain sebagainya. Nah, ternyata kaca untuk bercermin ini ada beberapa jenisnya loh, di mana memiliki fungsi yang berbeda juga.

Berbagai Jenis Cermin yang Selalu digunakan

Jenis Jenis Cermin

Sebenarnya jenis jenis kaca untuk bercermin ini sudah kita ketahui semasa di bangku sekolah, di mana terdapat 3 jenis yang selalu digunakan, baik untuk pribadi maupun kepentingan umum. Berikut ini adalah jenis kaca untuk bercermin yang sering digunakan:

1. Cembung

Kaca untuk bercermin yang pertama adalah kaca cembung. Cermin yang satu ini akan memantulkan gambar yang ditangkap untuk terlihat lebih besar. Penggunaan kaca cembung untuk bercermin diri sendiri memang jarang sekali dilakukan, mengingat kaca ini akan memantulkan gambar lebih dekat untuk menjadi semakin besar. Biasanya kaca ini sering kali terlihat disudut-sudut jalan kecil atau besar dan merupakan bagian dari rambu-rambu lalu lintas.

2. Datar

Nah, untuk kaca yang satu ini sudah pasti hampir dimiliki oleh semua orang. Kaca datar sendiri akan memantulkan bentuk apapun didepannya tanpa ada bagian yang berubah. Kaca jenis ini sendiri sering kali terlihat untuk diletakan di rumah, seperti kamar mandi, ruang tamu atau mana saja.

Memasang kaca cermin datar pada rumah sendiri menjadi salah satu solusi untuk menciptakan ruangan menjadi terlihat lebih luas. Tidak hanya itu saja, kaca datar juga mampu menjadi dekorasi interior yang tentu saja akan membuat rumah semakin cantik.

3. Cekung

Untuk jenis kaca yang satu ini sendiri ternyata sering kali digunakan untuk kaca spion pada mobil atau motor. Menggunakan kaca ini untuk di rumah juga sangat jarang sekali terlihat, di mana memang kaca cekung ini tidak difungsikan untuk bercermin diri. Selain pada motor dan mobil, kaca cekung juga digunakan untuk mikroskop, reflector dan sebagai pengumpul sinar matahari untuk pembangkit listrik.

4. Dua arah

Jenis selanjutnya yang juga memiliki fungsi tersendiri adalah kaca bercermin dari dua arah. Jenis yang satu ini sendiri sering kali terlihat pada ruang interogasi. Cara kerja dari kaca ini adalah kamu bisa melihat sisi  seberang, namun orang yang ada di depan cermin tidak akan melihat dirimu. Tapi pada saat ini banyak sekali orang yang menggunakan kaca dua arah agar privasi lebih terjaga lagi.

Itu adalah beberapa jenis cermin yang sering kali digunakan pada kehidupan saat ini. Di mana ketiga jenis dari kaca untuk bercermin tersebut dapat membantu mempermudah kita untuk bisa melihat diri sendiri dengan lebih jelas. Semoga berbagai informasi yang telah diberikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *