Yakin Sudah Bersih? Ini Cara Rawat dan Bersihkan Pintu Lipat Kaca yang Benar

Pintu lipat hemat tempat dan memberikan pandangan luas ke area dibaliknya. Model ini cocok untuk penghuni rumah yang menyukai kesan terbuka. Selain design bisa disesuaikan dengan ketebalan, material dan modelnya. Pintu yang dibuka tutup dengan cara dilipat bisa dibuka sampai mencapai dinding, sehingga bukaan bisa sangat lebar. Ruangan bisa dibuka lebih besar terutama bila berbentuk pintu kaca lipat yang transparant.

Cara Merawat Pintu Lipat Kaca Agar Tahan Lama

Kini cara pintu dibuka semakin beragam, cara perawatannya juga tidak bisa dianggap sepele. Pintu lipat kaca perlu dirawat dari material kacanya agar awet serta cara buka-tutup pintu agar selalu lancar tanpa tersendat. Pintu lipat minimalis sangat cocok untuk hunian modern yang cenderung simple dan bisa terlihat menarik dengan perawatan yang benar.

1. Perawatan Bagian Pintu

Pintu lipat dibuka dengan cara dilipat, Bagian yang dilipat, roda bagian bawah dan juga engsel diantaranya adalah bagian-bagian yang harus diperiksa untuk memastikan pintu dapat dibuka dan ditutup dengan baik. Cara perawatannya adalah dengan cara memberikan pelumas atau grease untuk memperlicin roda agar dapat mantap berada pada rel gantungnya. Bagian lainnya cukup dilap dengan kain lap bersih untuk memastikan tidak ada debu atau binatang yang bersarang disela-sela bagian pintu.

2. Pemeriksaan Rutin

Perawatan yang baik adalah yang dilakukan secara rutin bukan ketika pintu macet baru diperiksa bagian-bagiannya. Periksa bagian engsel yang menempel pada dinding, dan juga bagian tengah yang menyambungkan antara panel satu dan lainnya. Usahakan untuk sesekali melepas dan melumasi tiap bagian agar awet dan terjaga fungsinya.

3. Perawatan Pada Jalur Untuk Buka Dan Tutup

Pemasangan pintu lipat minimalis untuk interior yang bergaya minimalis akan membuat pintunya sesederhana mungkin. Bisa menggunakan roda dibagian bawah atau ada rel dan jalur dibawahnya. Pastikan bagian rel baik yang lurus atau berbelok dapat mencengkeram roda dengan pas. Seringkali jalur macet bila ada debu yang menumpuk pada jalurnya. Sehingga selain bagian pintu perlu dipastikan bersih, pastikan pula roda dan jalur bebas dari hambatan.

4. Penanganan Kaca

Pintu kaca butuh cara perawatan berbeda dengan material lainnya. Material kaca mudah terlihat kotor dan pecah. Sehingga perawatannya tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membersihkan bagian kaca dari pintu lipat.

  • Bagian kaca perlu dibersihkan setidaknya seminggu sekali.
  • periksa bagian lapisan pintu kaca yang terbuat dari aluminium atau logam besi untuk mengantisipasi benturan.
  • Bersihkan pula bagian ujung panel kaca dimana kaca dimasukan pada bagian panelnya. Bagian tersebut sangat mungkin terdapat penumpukan debu.
  • Billa cara biasa membersihkan kaca dengan lap tidak berhasil, dapat digunakan cairan pembersih kaca yang khusus untuk mengatasinya.
  • Pastikan untuk selalu mengeringkan bagian kaca agar tidak terjadi pengenangan air yang tidak sepenuhnya hilang.
  • Cara buka dan tutuk pintu kaca lipat harus lebih hati-hati dibandingkan material lainnya karena kecenderunannya yang mudah pecah.

Pastikan pintu lipat dirawat dengan baik agar dapat digunakan dengan jangka lama. Baik bagian jalur, pintu atau semua perangkat yang mengambungkan semua komponennya hanya perlu dipastikan bersih dari debu. Karena penumpukan berlebihan akan buat jalur macet atau pintu sulit dibuka dan ditutup. Membiarkan pintu bermasalah tanpa dibetulkan juga akan memperburuk kondisi pintu. Pastikan semua bagian pintu berfungsi dengan baik untuk penggunaan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *