Tips dan Trik Memilih Paving Blok yang Berkualitas

Memilih Paving Blok Berkualitas

Paving blok atau paving stone adalah material yang banyak digunakan di lingkungan masyarakat kita saat ini. Banyak sekali contoh penggunaan paving yang ada di sekitar kita. Bisa kita lihat banyak jalanan yang menggunakan material paving dan bukannya memakai aspal atau beton. Hal ini karena paving memiliki banyak kelebihan yang membuat material ini begitu difavoritkan.

Dibandingkan dengan aspal dan beton, biaya yang dibutuhkan untuk memasang paving lebih kecil. Selain itu, kualitas paving juga bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun, jika digunakan untuk keperluan jalan, diperlukan tipe paving dengan kekuatan tekan yang tinggi sehingga tidak mudah rusak saat dilewati oleh kendaraan yang berukuran besar.

Paving block saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Ada banyak pusat pembuatan paving yang bisa Anda kunjungi ketika Anda membutuhkan paving. Namun, produk paving yang anda beli haruslah paving yang berkualitas agar awet digunakan. Anda harus teliti ketika memilih paving untuk dibeli. Kira-kira bagaimana ya caranya mendapatkan paving berkualitas?

 

Memilih Paving

Pemasangan paving block memang memberikan banyak keuntungan bagi kita. Bisa dilihat bagaimana perubahan lingkungan sebelum dan sesudah dipasangi paving blok. Biasanya lingkungan akan berubah menjadi lebih bersih, lebih indah, bahkan bisa terkesan lebih luas. Selain itu, lingkungan atau halaman Anda juga bisa lebih mudah dibersihkan jika dipasangi paving.

Ada banyak sekali tipe paving yang beredar di pasaran. Agar bisa mendapatkan lingkungan yang bersih dan baik karena pemasangan paving yang berkualitas, maka Anda harus hati-hati memilih dan membeli paving. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan saat akan membeli paving:

1. Bentuk yang Presisi

harga-paving-block-per-meter

Poin pertama yang bisa Anda perhatikan ketika akan membeli paving adalah bentuknya. Perhatikan bentuk paving, jika bentuknya sudah presisi maka paving tersebut baik untuk digunakan. Sering kali ada banyak paving yang bentuknya tidak rata dan tidak rapi. Paving yang tidak rapi dan tidak presisi akan sulit untuk dipasang dan mengurangi kerapian setelah dipasang keseluruhan nanti.

 

2. Tekstur yang Kasar

Paving atau bata beton yang baik adalah yang memiliki permukaan kasar. Coba Anda raba bagian permukaan paving, jika teksturnya kasar maka itulah yang berkualitas. Jika tekstur permukaan paving cukup halus maka bisa disimpulkan bahwa pasir yang dipakai bukanlah pasir murni dan banyak mengandung tanah sehingga tidak kuat.

 

3. Ukuran yang Seragam

Selanjutnya, silakan perhatikan ukuran paving yang akan dibeli. Tentu Anda tidak hanya membutuhkan satu keping paving bukan? Jadi perhatikan apakah ukuran paving yang Anda beli sudah sama atau seragam. Belilah paving yang ukurannya seragam agar lebih mudah untuk disusun. Selain itu, paving yang ukurannya seragam juga bisa lebih rapi ketika dipasang.

 

4. Kekuatan yang Baik

Berikutnya silakan lihat bagaimana kekuatan paving. Pastikan bahwa paving yang Anda beli memiliki struktur yang kokoh. Jika perlu, Anda bisa meminta penjual paving untuk melakukan uji coba agar bisa membuktikan apakah paving cukup kokoh atau tidak.

 

5. Warna yang Estetik

Jika Anda membutuhkan paving yang berwarna, maka pastikan warna paving cukup estetik. Pastikan warna yang digunakan cukup jelas dan diwarnai dengan rapi sehingga tidak mempengaruhi estetika.

 

Itulah tadi tips dan trik memilih paving blok yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda memilih dengan teliti agar bisa mendapatkan paving yang berkualitas. Dengan begitu, proses pemasangan bisa lebih mudah dan cepat serta hasil akhirnya juga akan lebih memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *