Ragu Meletakkan Kamera CCTV Yang tepat? Ikuti Ke 5 Tips Ini

Meletakkan Kamera CCTV Yang tepat

Kamera CCTV bukan lagi benda yang hanya dimiliki instansi badan usaha maupun tempat perbelanjaan saja. Namun semua jenis bangunan seperti rumah, gudang dan bangunan lainnya dapat dipasangi kamera CCTV untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja pencurian, penyelundupan dan hal buruk lainnya. Adanya kamera CCTV memudahkan pemilik bangunan mengusut siapa pelaku yang merugikan.

Sejatinya, kamera CCTV termasuk benda yang memiliki banyak manfaat. Untuk itu saat pemasangannya harus tepat agar tidak mengurangi kinerja kamera CCTV, pasalnya saat ada kesalahan pada pemasangan, bisa saja kamera CCTV bekerja tidak efisien dan membuat pemilik bangunan resah lantaran tidak semua kejadian pada ruangan terdapat pada CCTV.

Tips Pemasangan Kamera CCTV

Merek kamera CCTV memang beragam dan dapat disesuaikan dengan budget. Namun semuanya tergantung dari proses pemasangannya yang tepat agar hasil rekamannya bagus. Maka agar kinerjanya maksimal, diperlukan tips tepat pemasangan kamera CCTV. Dengan begitu anda dan keluarga bebas pergi kemana pun tanpa mengecek ruangan setiap jamnya karena ruangan sudah dipasangi kamera CCTV, untuk itulah dibawah ini ada 4 tips pemasangan kamera CCTV yang dapat dijadikan acuan, diantaranya adalah:

1. Memperhatikan Pencahayaan

Semua hal sangat membutuhkan pencahayaan agar menjangkau kegiatan tanpa keraguan. Sama halnya tatkala memasang kamera CCTV, tips pertama yang harus diperhatikan agar memperhatikan pencahayaan lantaran jika pencahayaan kurang berdampak buruknya gambar yang dihasilkan CCTV. Namun jika pencahayaan maksimal maka gambar yang dihasilkan kamera CCTV bagus dan tepat sasaran jika terjadi hal yang tak diinginkan, untuk itu harus menyesuaikan jarak pemasangan kamera CCTV dengan instalasi listrik karena cahaya tersebut didapat dari lampu-lampu pada ruangan.

2. Memperhitungkan Penempatan

Menempatkan kamera CCTV sebaiknya tidak terlalu rendah karena membuat pelaku mengetahui ruangan dipasangi kamera CCTV dan CCTV tersebut terancam dirusak jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Usahakan meletakan kamera CCTV di tempat tersembunyi dan jaraknya tinggi agar tidak dapat dijangkau orang, dengan begitu anda tidak akan khawatir kamera CCTV dicuri dan kehilangan hal penting.

3. Usahakan Dinding Maupun Plafonnya Rata

Siapa sangka, bentuk dinding maupun plafon mempengaruhi kinerja kamera CCTV. Maka usahakan sebelum memasang kamera CCTV, dinding maupun plafon memiliki permukaan yang rata dan kabel-kabel instalasi listrik sudah tertata rapi agar tidak diperlukan pemindahan kabel listrik yang berakibat mempengaruhi kinerja kamera CCTV. Dengan begitu kamera CCTV mampu memaksimalkan kinerjanya dan membantu anda memberikan rekaman gambar akurat setiap harinya. Bayangkan saja, jika dinding maupun plafon kurang rapi, tentu mengakibatkan sebagian hal terhalang sehingga membuat kamera CCTV tidak dapat merekam visual yang terhalang.

4. Tidak Terdapat Pohon Yang Menjulang

Tips ke 4 ini dilakukan jika kamera CCTV diletakan di luar bangunan. Usahakan tidak terdapat pohon-pohon yang menjulang disekitar kamera CCTV karena akan menghalangi keseluruhan visual yang direkam CCTV, jika pohon memang diperuntukan untuk menghindari panasnya sinar matahari usahakan penempatan CCTV dipindah agar kinerjanya maksimal.

Memperhatikan pemasangan kamera CCTV sangat penting karena jika dipasang asal-asalan akan menimbulkan berbagai kendala. Untuk itu ke 4 tips meletakan kamera CCTV diatas dapat dijadikan acuan tatkala memasangnya. Yang terpenting adalah pantau hasil kamera CCTV secara berkala agar hal penting yang ada dibangunan maupun rumah tetap aman dan terkontrol, tentunya membuat anda tenang dan bebas melakukan kegiatan di luar rumah karena kamera CCTV sudah terpasang di tempat tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *