Penggunaan Kaca Pada Bangunan Memang Menarik, Tapi Kamu Harus Tahu Ini!

Apa pernah kamu memikirkan untuk membuat sebuah bangunan rumah dari bahan dasar kaca? Kaca sendiri memperindah bangunan dan dekorasi ruangan kita. Tapi jika kamu ingin membuat sebuah bangunan rumah dari kaca, kamu juga harus tahu plus minus dari penggunaan kaca tersebut pada bangunan! Jangan kamu memikirkan kebaikan kacanya saja, coba berpikir matang – matang agar rumahmu tampak sempurna bila menggunakan bahan bangunan kaca.

Bangunan berbahan dasar kaca saat ini memang sedang jadi primadona, apalagi trend dekorasi terbaru yang kebanyakan dari orang – orang memakai pintu geser dari kaca! Semakin melejitnya penjualan pintu kaca, harga pintu geser kaca ini juga ikut melejit dengan seiring waktu serta peminat yang banyak mencari pintu kaca tersebut.

Tapi tetap saja dengan memakai bahan bangunan dari kaca, kamu harus memikirkan bagaimana cara merawat, melindungi kaca dari serangan – serangan kecil yang tak akan kamu ketahui ! berikut plus dan minus penggunaan kaca pada bangunan rumah mu nanti :

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kaca Pada Bangunan

Membahas kelebihan dan kekurangan penggunaan kaca pada bangunan ini hanya untuk membantu kamu memutuskan apakah bangunan mu harus dan sesuai untuk memakai kaca, atau malah sebaliknya. Semua keputusan ada di tanganmu,ya!

1. Kelebihan Penggunaan Kaca Pada Bangunan

 

Kelebihan Penggunaan Kaca Pada Bangunan

Berikut kelebihan penggunaan kaca pada bangunan yang mungkin kamu sudah ketahui sebelumnya.

  • Banyak Sinar Matahari Masuk

Penggunaan bahan bangunan dari kaca, menarik banyak sinar matahari masuk ke dalam ruangan, sehingga ruangan menjadi hangat dan jadi lebih bermanfaat untuk tubuh, adapun saat pada pagi hari.

  • Membuat Ruangan Menjadi Segar dan Tidak Lembap

Penggunaan bahan kaca juga membuat ruangan menjadi segar dan tidak menjadikan udara lembap, karena ada ventilasi udara yang dihasilkan dari sela – sela kaca.

  • Mengurangi Polusi Udara di Dalam Ruangan

Mengurangi polusi udara di dalam ruangan adalah yang terbaik dalam penggunaan kaca pada bahan bangunan, pasalnya kaca dapat menangkis udara kotor berlebih yang akan masuk ke dalam rumah.

  • Memperindah Bangunan Rumah

Memperindah bangunan adalah tujuan utama dari penggunaan bahan bangunan kaca, menjadikan rumah kaca menjadi berkilau, elegan dan terlihat mewah, di mata tamu atau orang – orang yang mengunjungi rumah tersebut.

2. Kekurangan Penggunaan Kaca Pada Bangunan

Kekurangan Penggunaan Kaca Pada Bangunan

Berikut kekurangan penggunaan kaca pada bangunan yang jarang kamu ketahui, sebagai opsi untuk lebih memilih menggunakan atau tidak pada bangunan rumah berbahan dasar kaca

  • Penggunaan Kaca Memerlukan Budget Yang Lebih

Kaca lebih mahal dari bahan bangunan apapun, memerlukan budget yang berlebih untuk sebuah rumah kaca yang indah beserta pintu geser dari kaca yang harga pintu geser aluminium nya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

  • Kaca Lebih Berat Daripada Aluminium

Penggunaan kaca juga tak efisien, pasalnya kaca lebih berat dua kali lipat daripada aluminium dan baca ringan, membuat pemasangan kaca harus lebih ekstra hati – hati.

  • Mudah Tergores dan Pecah

Jika kamu ingin menggunakan bahan dasar bangunan kaca, kamu harus menghindari benda tajam sejenisnya untuk mencegah terjadinya goresan dan pecahnya kaca.

Jadi bagaimana, apakah kamu masih berminat untuk menggunakan bahan dasar kaca pada bangunan rumahmu? Mungkin tak ada salahnya berbeda daripada yang lainnya, tapi pikirkan fungsi kegunaan dan resiko yang dihadapinya juga ya! Kaca memang indah, tapi lebih indah lagi jika meminimalisir resiko penggunaan kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *