Tang Crimping: Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaannya

Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaan Tang Crimping

Secara umum, tang crimping merupakan sebuah alat perkakas yang difungsikan untuk membangun suatu jaringan perkabelan internet. Karena dalam penggunaannya dibutuhkan pengetahuan khusus tentang pembangunan jaringan, tidak semua orang paham dengan betul bagaimana cara untuk menggunakan alat ini.

Pengertian dan Fungsi Tang Crimping

Ialah alat yang berguna untuk installasi jaringan. Perkakas ini menjadi pembantu dalam proses pemasangan Konektor RJ45 ke kabel Unshield Twisted Pair (UTP).

Umumnya, pabrik akan mengeluarkan beberapa variasi ukuran dan motif dalam produk tang buatannya. Sedangkan untuk bahannya, dipilih material yang tidak mudah berkarat. Kemudian, pegangannya dibentuk dengan bahan plastik atau karet dengan tujuan kenyamanan dan keamanan bagi calon penggunannya. Untuk beratnya cukup bervariasi bergantung pada ukuran dan material yang digunakan. Namun rata-rata berada di kisaran 100 hingga 500 gram.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi utama dari tang crimping ialah untuk menggabungkan konektor RJ45 dengan kabel UTP. Namun perlu dicatat bahwa alat crimping ini terbagi menjadi dua bagian khusus, yang mana keduanya memiliki kegunaan dan kinerjanya masing-masing.

Bagian pertama adalah head crimping yang difungsikan sebagai media untuk menggabungkan kabel UTP dengan kepala konektor RJ45. Nantinya, tang ini akan menekan bagian kuningan penghantar aliran internet pada kabel. Sehingga kuningan tersebut secara otomatis akan mengapit serabut kabel UTP yang sudah disusun berdasarkan warna installasi yang ada.

Bagian yang kedua ialah body crimping yang memiliki fungsi untuk memotong benda padat dan panjang ke dalam ukuran-ukuran tertentu. Sedangkan bagian tengah dari tang difungsikan sebagai alat pemotong karena memiliki daya himpit kuat terhadap objek yang dicengkram. Tak ayal jika kemudian body crimping daoat memotong benda keras seperti halnya kabel UTP.

Cara Penggunaan Tang Crimping

Adapun untuk cara penggunaan dari tang pemotong kabel ini ialah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, siapkan kabel UTP dengan panjang dan ukuran yang sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian, tentukan warna yang hendak digunakan untuk menandai setiap kabel yang digunakan.
  • Siapkan pula konektor RJ45 dengan kualitas yang mumpuni.
  • Selanjutnya, iris ujung kabel UTP dengan ukuran sekitar 1 cm menggunakan tang. Jika sudah berhasil terkelupas, akan terlihat 4 pasang kabel yang masing-masing pasang memiliki 2 opsi warna. Jadi, pada tahap ini, Anda akan menemui 8 kabel dengan warna berbeda.
  • Susun urutan kabel sesuai dengan pewarnaan yang Anda tentukan. Pastikan agar posisi kabel lurus.
  • Jika dirasa sudah lurus dan sesuai dengan urutan yang dikehendaki, Anda perlu merapikan ujung kabel agar posisinya simetris. Upaya ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan mata pisau yang terpasang pada body crimping.
  • Pada saat susunan kabel cukup rapi, masukkan kabel tersebut pada konektor RJ45 secara perlahan hingga menyentuh ujung dari lubang pin konektor itu. Agar hasil crimpingan menjadi sempurna, selalu pastikan bahwa semua kabel menyentuh ujung dari konektor yang digunakan.
  • Tahan kabel agar posisinya tidak berubah. Masukkan kepala konektor pada head crimping agar konektor RJ45 bisa terjepit dan melekat pada kabel.
  • Jika sudah selesai, regangkan tekanan Anda pada alat crimping agar bagian kepala konektor RJ45 dapat dikeluarkan dari head crimping.
  • Dan konektor UTP RJ45 pun siap untuk segera digunakan pada berbagai keperluan lalu lintas topologi jaringan internet yang sudah Anda rancangkan.

Itulah langkah yang dapat Anda terapkan ketika ingin menggunakan tang crimping. Cukup sederhana dan mudah untuk ditiru, bukan?

 

Dapatkan harga tang crimping terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *