Yuk, Lihat Partisi GRC yang Tepat Untuk Rumah

Hampir semua orang ingin membangun rumah impian dengan bahan material yang awet dan juga tahan dari segala jenis cuaca ataupun hewan. Di mana pada saat ini sendiri ada beberapa bahan material yang berkualitas tinggi dan sangat bagus untuk membuat rumah menjadi lebih awet, salah satunya adalah papan GRC. Papan GRC atau kependekan dari GlassReinforced Concentrate board merupakan salah satu material yang terbuat dari campuran semen dan fiber kaca yang dibentuk seperti papan. Walaupun terbuat bukan dari bahan kayu, papan GRC ini memiliki nilai artisitik tersendiri karena menyerupai papan kayu.

Papan GRC ini sendiri biasanya sering digunakan untuk menutup bagian atas rumah agar terlihat lebih rapi dan juga indah. Penggunaan partisi GRC untuk rumah sudah merupakan hal yang sudah biasa pada saat ini, terlebih bahan ini mempunyai keistimewaan yang tahan terhadap api, air ataupun juga rayap. Tidak hanya itu saja, papan ini juga sangat mudah untuk digunakan di mana sangat mudah untuk dipotong. Proses pembangunan dengan menggunakan papan ini sendiri juga terbilang cepat, karena bahan dari GRC ini memang sangat ringan.Untuk menggunakan papan ini, tentu saja harus mengetahui cara pemasangan yang benar dan baik.

Cara Pemasangan Partisi GRC Untuk Pemasangan Plafon Rumah 

 

Pemasangan Partisi GRC

Pemasangan papan GRC ini sendiri membutuhkan cara yang benar dan juga tepat, karena kesalahan pemasangan tentu saja akan berakibat fatal terhadap keamanan pembangunan. Berikut ini adalah cara untuk memasang papan GRC sebagai plafon rumah :

1. Memaku plafon.

Cara pertama untuk memasang partisi GRC ini adalah dengan memaku plafon dengan benar. Pemakuan ini sendiri harus diperhatikan ketika rangka kayu sudah selesai. Penggunaan bahan kayu sebagai rangka plafon sendiri biasanya akan membutuhkan paku dengan diameter 2 mm dengan panjang sekitar 25 mm serta memiliki kepala yang lebar.

2. Perhatikan sambungan.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika ingin memasang partisi GRC sendiri adalah pada bagian sambungan antar papan satu dengan yang lain. Jika Anda memasang terlalu terburu-buru dan tidak memperhatikan dengan teliti ada kemungkinan papan GRC akan retak. Anda dapat menunggunakan sistem sambungan square, di mana pada setiap titik pertemuan dari panel menggunakan komon versaboard.

3. Tahap akhir.

Setelah semua tahapan sudah dilakukan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah tahap akhir. Untuk tahap ini sendiri Anda dapat mengecat ulang papan dengan warna yang diingikan atau sesuai dengan desain yang digunakan. Pastikan menggunakan cat yang tepat agar warna tidak mudah pudar.

Dapat dilihat bahwa penggunaan papan GRC ini sangatlah mudah dan cepat, terlebih lagi papan ini juga memiliki harga yang terbilang masih terjangkau. Untuk harga GRC board biasanya disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan dan juga disesuaikan penggunaanya untuk plafon ataupun dinding luar. untuk harga papan ini sendiri biasanya berkisar dimulai dari Rp. 60.000 per lembar hingga Rp. 133.000 per lembar, di mana memang papan ini dijual dalam bentuk lembaran.

Harga GRC board diatas sendiri biasanya dibedakan oleh jenis dan juga lebarnya. Di mana ada beberapa jenis dari papan GRC yang ada, yaitu GRC royal board, GRC silica board, GRC board, dan GRC versaboard. Setiap jenis sendiri memiliki kelebihan yang tentu saja akan membuat bangunan tahan lama. Penggunaan papan GRC sendiri sangat disarankan terlebih jika Anda ingin memiliki sebuah bangunan dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan juga keindahan artistik yang memukau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *