Nama Perekat Khusus untuk Perbaikan Gipsum serta Cara Menggunakannya

Perekat Khusus untuk Perbaikan Gipsum

Gypsum adalah bahan mineral gypsum yang kemudian dicetak dengan ukuran dan ketebalan tertentu. Saat ini hampir semua bangunan rumah lebih banyak memilih gypsum sebagai bahan bangunan. Misalnya seperti plafon atau sekat ruangan. Gypsum berbeda dengan papan konstruksi bangunan lainnya karena ketebalannya yang cukup tipis sekitar 9 hingga 15 mm.

Mengapa gypsum banyak dipilih? Karena bahan ini sangat tahan terhadap api, bobotnya ringan, mudah dipasang dan memberikan berbagai macam kreasi. Bahan ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan material beton atau lainnya. Ketika digunakan, gypsum akan memberikan hasil yang halus, namun pemasangan turut serta harus diperhatikan.

Ada banyak tempat jual partisi grc atau gypsum, cukup pergi ke toko bangunan atau toko khusus jual gypsum. Di sana Anda bisa memilih berbagai merk gypsum dan ketebalannya. Berbentuk papan dengan ukuran yang kecil, artinya pada saat pemasangan papan gypsum harus dirangkai sehingga membentuk dinding atau plafon.

Pada saat pemasangan dan penggunaan dalam jangka panjang, gypsum atau grc ini seringkali mudah rusak. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah retak atau berlubang. Jika tidak segera diperbaiki akan menimbulkan kerusakan bertambah besar. Memperbaiki kerusakan dari papan gypsum tidak terlepas dari kebutuhkan bahan perekat khusus.

Apa saja bahan perekat yang bisa digunakan dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak disini.

Bahan Perekat Khusus untuk Gypsum yang Dibutuhkan

Bahan Perekat Khusus untuk Gypsum

Proses memperbaiki plafon atau dinding dari grc sebenarnya tidak sulit hanya saja alat yang dibutuhkan harus lengkap khususnya alat perekat. Tanpa bahan perekat yang tepat maka retakan bahkan lubang yang muncul tidak akan dapat diperbaiki.

Anda bisa membeli beberapa bahan perekat ini di toko bahan bangunan atau tempat jual grc. Harga dari bahan perekat ini sangatlah murah. Berikut beberapa bahan perekat yang harus disiapkan.

  • Plester instan

Bahan khusus yang pertama ini digunakan untuk menutup retakan kecil seperti lubang berukuran di bawah 5 cm. Plester instan ini berukuran kecil dan memiliki lem di salah satu sisinya sehingga ketika lubang sudah dipersiapkan cukup ditempelkan saja.

  • Plester Gypsum

Plester yang kedua ini berbeda, karena fungsinya untuk merekatkan dua papan gypsum yang baru dipasang atau bisa juga untuk perbaikan. Fungsinya agar kedua papan bisa saling menyatu tanpa terlihat bekas sambungan. Plester ini berbentuk seperti plester biasa berbentuk gulungan.

  • Kompon

Apapun masalah kerusakan atau saat pemasangan gypsum maka kompon adalah salah satu bahan yang sangat penting. Kompon berbentuk bubuk yang memiliki bahan hampir sama seperti gypsum. Fungsinya adalah menutup lubang atau sambungan setelah aplikasi plester sebelum diamplas.

Cara Menggunakan Perekat Khusus untuk Gypsum

Proses perbaikan kerusakan atau pemasangan pertama dari papan gypsum menggunakan ketiga bahan perekat di atas sangatlah mudah. Sebagai contoh adalah perbaikan kerusakan yang berukuran kecil. Maka Anda hanya memerlukan plester instan dan juga kompon, jangan lupa beli bahan tersebut di tempat gypsum.

Pertama bersihkan bagian gypsum yang retak dengan kain dan sedikit diamplas agar ratakan menjadi lebih rata. Gunakan plester instan pada bagian untuk menutup sepenuhnya. Lanjutkan dengan melarutkan kompon bersama air hingga berbentuk seperti pasta dempul.

Aplikasikan kompon di atas plester instan hingga tertutup rapi dan ratakan dengan pisau scrape. Tunggu kompon mengering selama beberapa menit. Ketika sudah mengering barulah amplas dengan kertas amplas yang halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *