Mengenal Waterproofing Integral, Manfaat Dan Kegunaannya

Waterproofing Integral

Bangunan perkantoran, gedung pencakar langit, rumah hunian, pabrik semua adalah arsitektural yang dibangun dengan penuh perencanaan. Dari material berkualitas, sistem elektrikal mekanikal sampai lapisan anti air. Karena dengan keseluruhan sistem berfungsi maka bangunan akan tahan lama. Dengan adanya waterproofing sebagai lapisan anti air, mampu menjaga stuktur bangunan, keamanan sistem elektrikalnya dan menjaga dinding tidak retak atau bocor.

Waterproofing Integral, Manfaat dan Kegunaannya

Waterproofing Integral

ada tiga jenis waterproofing dalam dunia bangunan. Perbedaannya hanya pada pengaplikasiannya. Ketiganya handal sebagai tambahan kedap air bagi bangunan. Ada yang menyatu dengan material, dilapisi dan disemprot. Waterproofing integral adalah proses penambahan fitur kedap air yang ditambah pada material. Sebagai tambahan untuk beton, pelapis anti air ini sangat berjasa untuk memperkokoh bangunan dan keunggulan lainnya termasuk.

1. Menghindari Keretakan Beton

Ada banyak hal yang menyebabkan lantai dan dinding retak. Salah satunya dikarenakan rembesan air hujan yang menyebabkan material beton jadi retak. Untuk menghindarinya, campuran beton ditambah dengan material waterproofing sehingga menyatu. Oleh karena itu disebut integral waterproofing, karena menyatu dalam adukan beton. Lapisan yang membuatnya kedap air terintegrasi dengan campuran beton yang akan diaplikasikan.

2. Menjaga Keawetan

Karena sifatnya yang anti-air memberikan perlindungan pada material beton dan dapat berfungsi kokoh tanpa ada kerusakan. Dengan minimnya perawatan maka tidak banyak hal yang perlu dilakukan pada permukaan yang sudah kuat. Dengan minimnya kerusakan yang harus diperbaiki maka keawetannya bisa terjaga.

3. Mencegah Lantai Amblas

Manfaat waterproofing integral selain menjadi perlindungan anti air juga menjaga keawetan material beton. Bahan material ini saja sudah cukup kuat, dengan ditambah campuran waterproofing akan menberikan perlindungan maksimal dan menjaga kualitas beton. Lantai tidak akan mendadak retak ataupun amblas.

4. Mengurai Pemuaian 

Bahan beton yang terpapar dengan sinar terik matahari atau curah hujan yang intensif cenderung bisa menyusut. Jadi bukan saja bahan beton harus bisa tahan beban namun juga pemuaian, terutama bila ada di area terbuka. Dengan tambahan integral waterproofing maka material beton menjadi padat dan sulit untuk memuai. Sebelum diaplikasikan campuran beton dan waterproofing diaduk dengan rata, baru kemudian diterapkan baik pada lantai maupun dinding.

5. Memperlancar Proses Pegecoran

Dengan tambahan waterproofing ini maka ketahanan beton menjadi semakin baik. Materialnya mengandung plastisitas beton yang membuat beton semakin kokoh dan bahkan mengurangi terjadinya keropos. Proses pengecoran pun bisa padat tanpa ada gelembung yang mengganggu dan prosesi bisa dikerjakan dengan cepat.

6. Menyerap Kelembaban

Dengan lapisan kedap air, maka semua kelembaban dapat dinetralisir dengan mudah. Coating anti lainrnya akan menyerap semua bagian basah dan berbahaya sebelum menjadi kasus kelembaban yang menggangu, terutama unntuk bangunan.

7. Menambah Kekuatan Beton

Satu lagi keunggulan dari penambahan lapisan anti air ini adalah sebagai tambahan kekuatan material beton. Dengan ditambahkannya lapisan waterproofing dan bercampur dengan material beton, tidak mengurangi ‘Compressive Strength’ beton. Sehingga tidak perlu khawatir kekuatan untuk menopang tekanan jadi terganggu, Bahkan membuat adanya peningkatan kekuatan dengan adanya kondisi workability yang sama.

Menggunakan waterproofing secara integral adalah keputusan yang harus diambil oleh pemilik hunian atau gedung. Karena manfaatnya sangat banyak dan bisa menjaga lualitas gedung. Namun secara ilmu arsitektural masih ada dua lagi penerapan waterproofing. Bila merasa secara integral kurang maksimal, maka dapat menggunakan juga waterproofing lainnya, agar bangunan dapat berdiri kokoh untuk semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *