Lantai Epoxy Dalam Rumah Anda Rusak? Berikut Ini Tips Untuk Mengatasinya!

Lantai Epoxy Dalam Rumah

Pemakaian cat lantai epoxy pada lantai memang sangat berguna karena cat tersebut memiliki berbagai kelebihan. Pelapis cat lantai epoxy lebih tahan lama daripada jenis cat lantai lainnya. Daya tahan cat lantai epoxy yang lebih lama ini menyebabkan banyak orang memilih cat lantai yang satu ini.

Lantai Epoxy Dalam Rumah

Selain memiliki estetika yang cukup tinggi, penerapan cat lantai epoxy pada lantai ternyata bisa menghemat banyak waktu. Ini karena cat lantai epoxy mudah diaplikasikan pada lantai. Hal ini tentu saja menguntungkan para teknisi perbaikan lantai. Namun walau begitu, cat lantai epoxy tetap bisa rusak karena berbagai hal.

Mengapa cat lantai epoxy bisa rusak? Dan bagaimanakah tips untuk mengatasinya?

Cat lantai epoxy pada umumnya merupakan jenis cat lantai yang sangat awet. Namun ada kalanya jika cat tersebut rusak dikarenakan oleh berbagai hal seperti :

  1. Terkena goresan benda tajam atau kejatuhan benda tumpul dalam frekuensi tidak hanya sekali. Selain itu, apabila benda tumpul maupun tajam tersebut memiliki berat yang berlebih, juga akan menyebabkan lantai berpotensi menjadi rusak.
  2. Terkena bahan kimia yang berbahaya. Cat lantai epoxy mengandung berbagai kandungan bahan kimia, namun hasil dari cat tersebut akan mudah rusak juga jika terkontaminasi oleh cairan kimia yang berbahaya.

Dan masih ada banyak lagi penyebab dari kerusakan lantai epoxy seperti kerusakan akibat kesalahan penerapan prosedur pengecatan lantai.

Kerusakan lantai epoxy memang merugikan. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan berbagai tips untuk mengatasi kerusakan lantai epoxy pada lantai rumah anda.

1. Perhatikan kondisi lantai

Cat lantai epoxy yang rusak sebaiknya anda perhatikan, apakah rusaknya hanya sebagian kecil atau kerusakan fatal. Apabila lantai hanya retak, anda bisa melakukan teknik amplas pada lantai yang retak tersebut. Namun jika lantai epoxy memiliki kerusakan yang bsia merusak pemandangan lantai, sebaiknya anda mengelupas keseluruhan cat dan mengaplikasikan cat baru pada lantai.

2. Bersihkan terlebih dahulu permukaan lantai

Setelah memutuskan langkah apa yang akan anda terapkan pada permukaan lantai, anda harus terlebih dahulu membersihkan lantai. Berbagai jenis debu dan kotoran tidak boleh ada di permukaan lantai selagi lantai akan diperbaiki.

3. Aplikasikan cat lantai epoxy yang baru pada lantai

Setelah lantai benar-benar bersih dari berbagai macam kotoran, barulah cat yang baru siap untuk diaplikasikan di atas permukaan lantai. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengikuti prosedur pengaplikasian cat lantai epoxy yang benar terlebih dahulu agar cat lantai tidak mudah rusak kembali. Diantaranya, anda harus meratakan permukaan lantai menggunakan floor hardener.

Setelah melakukan perbaikan cat lantai epoxy anda harus membiarkannya kering terlebih dahulu sebelum ruangan tersebut diapakai kembali seperti biasanya.

Memperbaiki lantai yang cat epoxy nya retak merupakan hal yang susah-susah gampang. Untuk itu anda bisa menyewa jasa epoxy lantai agar nantinya hasil dari perbaikan cat lantai epoxy anda benar-benar bagus dan tidak mudah rusak lagi.

Apabila anda kesulitan untuk memperbaiki lantai epoxy anda yang rusak, kami sarankan agar anda menggunakan jasa untuk epoxy lantai agar lantai anda tidak semakin rusak. Dengan memakai jasa ini juga anda tidak perlu memutuskan sendiri epoxy lantai apa yang akan dipakai untuk memperbaiki lapisan epoxy yang rusak. Karena harga epoxy lantai yang tidak murah, sebaiknya anda meminta pendapat jasa tersebut untuk membeli cat epoxy.

Mencari cat epoxy di berbagai toko bangunan maupun marketplace online tidak sesusah yang anda perkirakan. Cat ini sudah sangat terkenal dan banyak sekali digunakan untuk melapisi lantai karena kualitasnya yang tinggi. Harga epoxy lantai pun juga beragam, tergantung ketebalan dan juga kualitas dari berbagai cat epoxy itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *