Jenis dan Manfaat Kabel UTP

Jenis dan Manfaat Kabel UTP

Artikel ini akan memberikan uraian mengenai Kabel UTP. Membahas mengenai kabel, benda ini biasa digunakan untuk berbagai keperluan terutama yang berhubungan dengan kelistrikan maupun jaringan. Kabel sendiri dibedakan kedalam dua jenis yaitu kabeh STP dan UTP.

Kabel STP atau Shield twister pair kabel jenis ini biasa kita jumpai dalam berbagai bidang. Ciri umum yang dimiliki adalah kabel diselubungi dengan semacam aluminumunium bagian luarnya. Kabel UTP atau Unshield twister pair merupakan jenis kabel yang tidak memiliki perlindungan dibagian luarnya. Hal ini mengakibatkan kabel tidak terlalu tahan dengan interferensi elektormaknetik.

Kabel UTP pada umumnya memiliki 6 jenis kabel di dalamnya dan saling terlilit. Satu pasang kabel Tx berfungsi untuk mengirim informasi, satu pasang kabel Rx berfungsi untuk menerima informasi, dan satu pasang kabel yang tidak digunakan. Sepasang kabel yang tidak digunakan ini biasanya dimanfaatkan untuk mengirim aliran listrik pada perangkat.

Jenis-jenis Kabel UTP

Kabel Unshield Twister Pair memiliki beberapa jenis. Hal ini sebaiknya anda pahami agar tidak kebingungan ketika mengaplikasikan pada pekerjaan dirumah. Berikut ini beberapa jenis Kabel UTP yang perlu anda ketahui.

  1. Kabel straight-throught

Kabel yang satu ini memiliki pengaturan yang sama antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight-throught digunakan untuk menyampungkan dua perangkat yang berbeda. Kabel ini bisa digunakan untuk menghubungkan router ke Komputer, router ke switch, serta dari Komputer ke switch.

  1. Kabel Croos-Over

Berbeda dengan straight-throught, kabel Croos-Over memili pengaturan yang berbeda pada setiap ujungnya. Kabel yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk menyambungkan dua perangkat yang sama. Sebagai contoh, kabel ini digunakan untuk menghubungkan computer dengan computer, souter dengan router dan seterusnya.

  1. Kabel Roll-Over

Kabel ini memiliki pengaturan yang berbeda di kedua ujungnya. Kabel Roll-Over memiliki fungsi yang hamper sama dengan Straight-throught. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan dua benda atau perangkat yang berbeda. Tetapi, kabel roll-over sering digunakan untuk menghubungkan antara perangkat dengan konsol. Contohnya adalah computer dengan printer.

Kabel UTP merupakan jenis kabel yang dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan atau LAN. Jadi kabel jenis ini biasa dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan ke beberapa perangkat yang ada dalam satu ruangan atau satu gedung. Kabel ini memiliki beberapa warna di dalamnya.

Warnanya unik dan memiliki fungsi masing-masing. Perbedaan warna yang terdapat pada Kabel UTP bukan sebagai variasi melainkan penanda fungsi dari masing-masing warna. Hal ini juga mempermudah pengerjaan dan pengaplikasian pada sebuah projek.

Jenis Warna Kabel UTP

Pada umumnya kabel memiliki beberapa warna seperti jingga, putih, hijau, biru, cokelat, serta putih. Setiap warna memiliki fungsi dan manfaat masing-masing. Oleh karena itu perhatikan baik-baik pada saat pemasangan agar tidak terjadi masalah nantinya.

Kabel berwarna jingga berfungsi sebagai pengirim paket data pada perangkat yang digunanakan. Penghantar paket data tidak hanya pada kabel warna jingga melainkan kabel putih kombinasi jingga, kabel berwarna hijau, serta kabel putih kombinasi Hijau. Kabel-kabel ini memiliki fungsi dan kegunaan yang identic.

Kabel biru dan biru kombinasi putih memiliki fungsi sebagai kabel penghantar suara. Sedangkan kabel cokelat serta kabel cokelat kombinasi putih digunakan untuk penghantar arus DC. Itulah manfaat dan fungsi dari beberapa warna kabel yang ada didalam Kabel UTP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *