Ingin Memiliki Karpet Wol? Perhatikan dulu Karakteristik dan Cara Perawatannya yang Benar Berikut Ini!

Karpet membuat pijakan di atas lantai terasa lebih nyaman. Tak hanya itu, karpet juga merupakan elemen interior yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk duduk, bahkan rebahan santai. Di pasaran anda dapat menemui karpet roll yaitu karpet gulungan yang dijual dalam berbagai jenis bahan, model, dan ukuran. Salah satu jenis karpet yang banyak diminati adalah karpet yang terbuat dari bahan wol. Karpet wol terbuat dari bulu domba yang dikenal memiliki tekstur permukaan sangat lembut. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai jenis karpet yang satu ini, bacalah terlebih dahulu ulasan mengenai beberapa karakteristik dan tips cara perawatannya yang benar di bawah ini.

Sifat dan Karakteristik Karpet yang Terbuat dari Wol

Selain memiliki terstur yang halus dan lembut, beberapa sifat dan karakteristik karpet wol diantaranya seperti berikut ini.

  1. Kuat dan awet hingga 25 sampai 30 tahun
  2. Memiliki visual yang cantik sehingga dapat menambah nilai estetika pada ruangan
  3. Harganya cenderung mahal
  4. Memiliki warna dan ketebalan yang tahan lama
  5. Merupakan isolator yang baik
  6. Tahan terhadap api
  7. Mudah kotor dan menyimpan debu
  8. Peka terhadap bahan kimia tertentu

Tips Merawat Karpet Berbahan Wol

Jika anda telah membeli karpet roll, kebersihan merupakan hal yang selanjutnya harus anda perhatikan. Karpet yang kotor dapat menjadi sarang bakteri penyebab penyakit. Selain itu karpet juga akan cepat rusak bila sudah terlalu banyak mengandung debu dan kotoran. Jadi anda harus benar-benar rajin melakukan perawatan terutama pada karpet wol. Nah berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips mengenai cara merawat karpet wol yang baik dan benar.

  1. Untuk membersihkan karpet dari debu, sebaiknya lakukan di luar ruangan dengan cara mengibaskan karpet sampai debu dan kotoran terlepas. Jika perlu, gantunglah karpet dengan tali dan pukul-pukul karpet menggunakan sapu lidi agar kotoran lebih mudah lepas.
  2. Jika anda ingin menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu pada karpet, sebaiknya lakukan hanya satu hingga dua kali dalam sebulan. Hal ini dikarenakan walaupun alat ini bisa membersihkan karpet secara efektif, namun akan merusak serat karpet bila terlalu sering digunakan. Saat menggunakan vacuum cleaner, kamu pun harus memastikan hanya menggunakan bagian penyedotnya saja, bukan dengan sikatnya. Selain itu nyalakan alat ini dalam daya tinggi untuk meminimalisir gosokan pada karpet. Sehingga serat karpet tidak mudah rusak.
  3. Untuk membersihkan noda pada karpet, cukup basahi spons dengan campuran air dingin dan deterjen non-basa khusus wol atau sampo bayi lalu usaplah area yang kotor tersebut. Setelah itu bilas dengan air dingin bersih. Hindari penggunaan air panas yang akan menyebabkan serat karpet menyusut.
  4. Dalam proses pengeringan karpet yang telah dicuci, tekan-tekan bagian yang basah dengan handuk kering yang bersih untuk mengurangi kandungan air
  5. Agar karpet dapat kering secara maksimal, jemurlah karpet di tempat yang cukup teduh atau di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik. Pastikan bagian sisi depan maupun belakangnya benar-benar telah kering
  6. Setelah karpet kering, sikat perlahan agar teksturnya kembali halus

Sekian informasi mengenai karakteristik karpet wol dan tips cara perawatannya. Tertarik untuk memiliki karpet wol? Anda bisa mendapatkan karpet roll murah dan berkualitas hanya di toko karpet kami. Kami menyediakan karpet dalam berbagai pilihan merek ternama. Selain itu kami juga melayani pemesanan karpet roll custom untuk anda yang memerlukan karpet dengan ukuran tertentu. Tunggu apalagi? Segera hubungi kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *